Tuesday, May 7, 2019

Tips Menyiapkan Makanan Enak Agar Tidak Telat Sahur

Tips Menyiapkan Makanan Enak Agar Tidak Telat Sahur


Sahur adalah waktu yang paling sulit untuk membuka mata, setuju tidak? Biasanya, kita akan bangun setelah adzan subuh bahkan seringkali kesiangan. Namun bulan suci ramadhan ini, kita wajib bangun jam 3 dini hari demi menyiapkan makanan untuk sahur. 

Yup, rasanya berat sekali bukan? Namun tetap saja, hal ini membuat kita sering terlambat bangun. Tapi tenang saja guys, tips memasak cepat dibawah ini akan memangkas waktu 10 menit saat kamu telat bangun tidur untuk menyiapkan menu sahur.

1. Siapkan bumbu dasar

Biasanya, bumbu dasar terbagi menjadi empat yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit dan lengkuas. Masing-masing, makanan ini digunakan untuk jenis masakan dan bahan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, siapkan bumbu dasar tersebut dimalam hari sesuai menu yang akan kamu masak di pagi harinya. Dan kamu juga bisa menyiapkannya sekaligus saat masak sore menjelang buka puasa.

2. Beli lauk kering

Ayo siapa yang tidak tahu lauk kering? Lauk kering adalah makanan penyelamat orang yang suka telat. Jika terpaksa tak bisa memasak, maka lauk kering akan menyelemat semuanya. Tinggal ambil nasi dan lengkapi dengan saus sambal atau kecap sudah cukup untuk melengkapi menu sahur Anda.

3. Beli makanan beku

Makanan beku seperti nugget dan semacamnya juga pilihan yang baik. Anda hanya menggoreng nugget selama kurang lebih dari tiga menit dan kamu bisa menikmatinya jadi lauk yang lezat.

4. Pakai bahan makanan siap olah

Bahan makanan siap olah seperti bakso, otak-otak, tempura, daging cincang dan lainnya adalah makanan yang praktis untuk bisa kamu sediakan pada saat sahur. Bahan makanan ini tinggal kamu tambahkan dengan beberapa bahan lainnya dan prosesnya pun tak butuh waktu lebih dari 5 menit.

5. Masak lauk setelah tarawih

Bagi Anda yang ingin memasak lauk atau jenis sayuran, bisa kamu masak setelah salat tarawih. Jadi ketika waktu sahur tiba, Anda tinggal menghangatkannya saja dan gak perlu lama-lama lagi untuk memasaknya.

6. Manfaatkan bumbu dan tepung serbaguna

Selain makanan praktis, Anda juga harus menyiapkan bumbu dan tepung yang serbaguna karena pasti membutuhkan waktu beberapa menit. Dan hal ini, tentu akan memperpanjang waktu yang akan kamu butuhkan untuk memasak sahur bukan?

7. Buat sambal dalam jumlah yang banyak

Jika kamu pencinta sambal, kamu bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak dalam beberapa hari sekali saja. Kemudian simpan di kulkas atau lemari dan pada saat sahur kamu bisa dijadikan sambal goreng.

Nah itu dia, 7 Tips Menyiapkan Makanan Enak Agar Tidak Telat Sahur yang bisa kamu coba. Jangan cuman dilihat ya, tapi juga terapkan biar sahur kamu aman dan tidak ketinggalan. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment