Wednesday, May 8, 2019

7 Tips Ampuh Agar Puasa Penderita Maag Lancar

 7 Tips Ampuh Agar Puasa Penderita Maag Lancar


Menjalani ibadan puasa dibulan Ramadan adalah saat-saat yang paling tepat dinantikan umat islam untuk meraih pahala. Bukan hanya puasa saja, tetapi menjalankan ibadan lain pun akan kerap dilakukan dan terasa lebih nikmat.

Meskipun begitu, ternyata menjalankan ibadah puasa selalu ada kecemasan yang dirasakan oleh mereka yang memiliki gangguan pencernaan seperti maag. Saat berpuasa, gejala maag ini sering dikhawatirkan sebab kadang kambuh dan mengganggu kelancaran ibadah puasa kita.

Namun selama ada niat untuk tetap berpuasa, pasti akan selalu ada jalan untuk mengatasi kondisi ini guys. Berikut ini, kami berikan tips-tips mudah agar puasa kamu tetap lancar meski punya gangguan maag.

1. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat

Tahukah kamu? karbohidrat dipercaya menjadi salah satu sumber makanan cukup lambat dicerna oleh tubuh. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan mereka yang mempunyai gejala maag tetapi ingin berpuasa.

Dengan mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat terutama pada saat sahur, tentu penderita tidak akan mudah merasa cepat lapar. Selain itu pula, karbohidrat dijadikan sebagai sumber tenaga hingga kita tidak mudah cenderung lebih lemas di siang hari.

2. Hindari makanan yang digoreng

Seperti yang kita ketahui, jika makanan dalam proses penggorengan makanan akan mengalami peningkatakan kadar lemak. Hal ini tentu akan memicu masalah pada kesehatan jantung dan menimbulkan masalah tukak lambung.

Nah ada baiknya jika Anda memiliki riwayat maag dan ingin berpuasa, sebaiknya mulai memasak dengan cara dipanggang dan dikukus saja. Namun jika ingin digoreng, sebaiknya pakai dengan minyak lebih sehat lagi seperti minyak zaitun.

3. Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung

Mempunyai riwayat maag, memang harus lebih pintar memilih makanan terlebih pada saat berbuka puasa. Sebagai salah satu usaha 

pencegahah, baiknya Anda mulai menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan asam lambung. Misalnya seperti cokelat, makanan berlemak, gorengan, dan beberapa jenis buah yang mengandung asam.

4. Jangan langsung tidur setelah sahur

Kebiasaan ini biasa kerap sering dilakukan setelah makan, terutama setelah makan sahur dan mereka lebih memilih untuk kembali tidur. Dan hal ini, justru tidak boleh dilakukan oleh penderita maag.

Mengapa demikian? Tidur sesaat setelah makan tentu dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung dan memicu gejala maag kambuh. 

Ada baiknya jika Anda melakukan beberapa kegiatan atau ibadan sunnah terlebih dahulu setelah makan malam atau sahur.

5. Minum segelas susu saat sahur

Mengapa harus mengkonsumsi susu saat sahur? Pada umumnya, susu memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat memicu gejala maag. 

Para penderita maag, biasanya lebih disarankan untuk mengkonsumsi susu nabati seperti susu dari almond dan kedelai karena dapat membantu menetralkan cairan asam lambung paling aman.

6. Menjaga asupan air

Tubuh juga memerlukan banyak air, apalagi saat kondisi sedang berpuasa tentu banyak cairan yang akan semakin berkurang.

Oleh karena itu, kamu harus menjaga asupan air putih pasa saat sahur dan berbuka. Selain dengan air putih, kamu juga harus perbanyak asupan cairan dari jus buah dan tinggi kalium.

7. Minum obat maag

Seringkali penderita maag yang sudah akut, pasti membutuhkan resep obat dari dokter untuk mengatasi maag. Apalagi jika Anda sudah berniat untuk puasa, jangan sampai untuk lupa minum obat. Selain itu, mengkonsumsi obat maag juga dapat mencegah gejala maag kembali kambuh.

Nah itu tadi 7 Tips Agar Puasa Penderita Maag tetap Lancar. Jangan mengeluh ya, lakukan trik-trik diatas agar maag kamu tak kembali kambuh. Selamat mencoba :)

Posted by : berita kekinian

No comments:

Post a Comment