Tuesday, May 7, 2019

5 Takjil yang Dirindukan Saat Buka Puasa

5 Takjil yang Dirindukan Saat Buka Puasa

Memasuki bulan ramadhan, semua umat muslim di dunia diwajibkan untuk berpuasa yaitu menahan diri dari rasa lapar, haus dan semua hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hinggga terbenam matahari.


Menjelang magrib adalah waktu yang ditunggu-tunggu semua umat muslim untuk berbuka puasa. Selain sebagai rasa syukur sehari full menahan diri dari semua hal yang membatalkan puasa, waktu inilah yang merupakan waktu tepat untuk mengisi perut agar tubuh tetap sehat dan dalam kadar yang cukup.

Sajian berbuka puasa, hampir di seluruh penjuru Indonesia pun beragam. Pada saat berbuka puasa, disunnahkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Nah kira-kira, apa ya makanan takjil yang paling enak dan istimewa? Berikut ini adalah deretannya :

1. Kolak pisang dan labu kuning

Menu satu ini sepertinya sudah melegenda dan tak asing lagi untuk didengar bukan? Hampir disetiap daerah di Indonesia, mayoritas tersedia dan jika Anda membeli diluar menu ini termasuk takjil murah meriah. 

Takjil yang berisi buah pisang dan campur dengan labu kuning kemudian di masak dengan air yang dicampur santan, daun pandan dan gula merah tentu akan membuat aroba kola semakin memperkuat aromanya dan lezat.

Untuk pembuatan kolak pisang dan labu kuning ini cukup mudah. Pertama, Anda masukan labu uning ke dalam panci bersisi santan, gula merah, sedikit garam, daun pandan dan air agar aroma wangi. Kemudian aduk sampai rata. 

Jika labu kuning sudah sedikit lunak, bisa dicampurkan dengan pisang yang telah di potong-potong. Tunggu sampai matang, angkat dan sajikan diatas meja.

2. Es Pisang Ijo

Siapa yang tak kenal pisang ijo? Makanan ini terbuat dari buah pisang juga. Bedanya dengan kolak pisang, es pisang ijo ini ditambahkan dengan balutan tepung berat, perwarna makanan dan air daun suji.

Untuk pembuatan es pisang ijo ini cukup lama ya, Anda bisa mengkukus pisang raja 8 buah selama 10 menit. Kemudian blender 2 ikan daun pandan, peras dan saring. Campurkan air perasan tadi ke dalam santan kental, aduk hingga dan jangan sampai menggumpal.

Tambahkan gula dan pasta pandan, kemudian aduk kembali sampai rata. Kukus adonan dalam wadah selama 20 menit, setelah itu angkat serta uleni adonan hingga kalis. Ambil beberapa sendok adonan dan letakkan di atas kertas minyak kemudian pipihkan. 

Tata daun pisang wadah, kemudian letakkan adonan pisang hijau di atasnya. Kemudian kukus kembali selamat 15 menit dan hidangkan bersama via dan tambahkan campurna es sebagai penyegar.

3. Bubur Sagu Mutiara

Menu takjil berikutnya adalah bubur sagu mutiara. Makanan takjil ini memang akan membuat segar di tenggorokan apalagi jika disakikan dengan es untuk pelengkap kesegaran.

Untuk langkah pembuatannya, Anda bisa memasukan butir mutiara sebanyak 1 bungkus kedalam air mendidih. Masukan gula dan masak sampai matang sambil sesekali diaduk agar tidak lengket di panci.

Masukan pisang matang, angkat dan sisihkan. Nah untuk pembuatan kuah santannya, Anda bisa masak santan sampai mendidih. 

Aduk terus dan jangan ditinggal agar tidak pecah kemudian angkat. Kemudian sajikan dengan cara mengambil beberapa sendok bubuk mutiara, lalu tuang dengan santan secukupnya.

4. Es Kopyor

Siapa nih yang suka es kopyor? Selain lezat dan menghilangkan dahaga saat berbuka puasa, pembuatan es kopyor ini juga tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Untuk pembuatannya, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan berikut ini. 

  •  Sirup cocopandan secukupnya
  • Es batu 1 bongkah besar
  • Agar-agar 1 bungkusVanili 1/2 sendok teh
  • Gula 4 sendok makan
  • Santan kental 4 gelas
  • Garam sedikit
Untuk cara pembuatannya, pertama masukan dulu semua bahan yang sudah disiapkan tadi kedalam air dan tunggu hingga mendidih sampai matang.

Guyur pelan-pelan ke atas es batu, biarkan menggumpal-gumpal. Aduk sedikit demi sedikit hingga benar-benar keras. Sajikan kopyor dengan sirup cocopandan dan es batu, dan es kopyor siap disantap.

5. Es dawet

Nah minuman takjil yang terakhir adalah es dawet ayu. Minuman ini biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan dengan harga murah meriah. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dan bisa dinikmati oleh keluarga.

Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat es dawet yaitu:
  • 250 gram dawet ijo
  • 250 gram nangka dipotong kecil-kecil
  • 2 bungkus santan kara ditambah 300 ml air dan sedikit garam
  • 250 gram gula merah ditambah 150 ml air dan sedikit garam
  • 2 lembar daun pandan

Untuk langkah pembuatannya, Anda bisa merebus santan yang sudah dicampur dengan air dan garam. Kemudian masukan 1 lembat daun pandan. Sisir gula merah dan rebus kedalam air 150 ml. Beri seidkit garam, masukan buah nangka dan 1 lembar daun pandan.

Setelah itu, siapkan dawet ijo dan sebelumnya di rendam air es. Kemudian tata ke dalam mangkuk atau gelas, tuangkan santan, gula dan nangka untuk memperlezat rasanya.

Itulah 5 Takjil yang Dirindukan Saat Buka Puasa, semoga bermanfaat dan salam sehat :)

No comments:

Post a Comment