Tuesday, May 7, 2019

5 Makanan Pengganti Nasi Buat Menu Sahur

5 Makanan Pengganti Nasi Buat Menu Sahur

Bagi orang Indonesia, nasi adalah menu makanan wajib. Istilahnya belum makanan nasi, belum makan tak terkecuali saat sahur dan buka puasa. Namun ada bosan juga jika makan nasi setiap sahur, apalagi jika di makan saat mata masih mengantuk.



Ada juga yang alasannya diet dan tak ingin makan berat, sehingga mereka  memilih untuk tidak makan nasi. Padahal selain berkah, melakukan sahur juga dipandang perlu dari sisi kesehatan karena menjadi pintu kesempatan bagi tubuh untuk mendapatkan asupan bergizi sebelum berpuasa.

Nah jika kamu ingin sahur, tetapi bosan dengan makan nasi tiap hari. Jangan khawatir, karena 5 menu makanan dibawah ini bisa dijadikan pengganti nasi saat sahur dan dibilang efektif untuk menambah protein dan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh.

5 Makanan Pengganti Nasi Buat Menu Sahur


1. Roti Gandum

Semakin gelap warnanya, maka semakin tinggi pula serat yang dikandung dalam sebuah roti gandum. Selain itu, ia juga mengandung kalori rendah hingga cocok dikonsumsi orang yang sedang melakukan diet.

Untuk mendapatkan gizi terbaik saat sahur, sebaiknya roti gandum jangan dioles dengan madu atau selai tinggi gula. Melainkan campurkan dengan alpukat atau guacamole. Dijamin deh, sahur kamu akan kenyang dan tubuh tetap sehat.

2.Muesli/oat

Tak hanya itu, sajian muesli/oat yang sesuai takaran dengan susu rendah lemak bisa dijadikan menu makan sahur pengganti nasi.  Menurut health coach, Lee Sutherland, takaran yang pas dalam penyajian muesli adalah sepertiga hingga setengah cup atau setara dengan 75.6 gram hingga 112.5 gram muesli. 

Dan pastikan, Anda mengkonsumsi unroasted muesli yang kandungan lemak jenuhnya dibawah 3 gram dan jangan terlalu banyak mencampurkan buah-buahan kering karena bisa menambah kandungan gula. Lebih baik, campurkan dengan biji-bijian yang sehat.

3. Sayur dan buah

Mengkonsumsi makanan sayuran tumis dan berkuat dengan sedikit minyak, tentu kandungan vitamin didalamnya akan tetap terjaga. Begitu pula selamat berpuasa, kadar hemoglobin dalam darah otomatis menurun.

Dengan begitu, sangat penting jika Anda untuk mengkonsumsi makanan kaya akan sumber zat besi seperti brokoli, bayam dan kangkung untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam sehari. 

4. Protein

Begitu juga dengan protein, kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dan Anda bisa mendapatkannya pada aneka ikan atau daging. Namun ingat, hindari memasaknya dengan digoreng atau processed food. Sebaiknya, makanan tinggi protein tersebut harus dibakar, dipepes, dipanggang dan sautee.

5. Kentang

Menu makanan yang kelima adalah kentang. Namun jika Anda memiliki permasalahan lambung, sebainya ganti kentang dengan umbi-umbian agar bisa dimakan saat sahur.

Potong-potong kentang atau umbi dan sajikan dengan cara dipanggang atau dikukus. Kemudian lengkapi sahur Anda dengan sayuran dan telur rebut untuk menambah cita rasa, sumber protein hewani dan nabati.

Mulai sekarang, kamu tak perlu khawatir lagi bakal lemes gara-gara tidak makan nasi ya. Karena 5 Makanan Pengganti Nasi diatas, bisa kamu coba saat sahut nanti. Semoga sehat dan lancar ya puasanya :)

Via Konsul : KLIK DISINI


Posted by : Berita Sehat

No comments:

Post a Comment