Thursday, May 9, 2019

Fakta Penderita Maag Tidak Boleh Makan Nanas


Gangguan maag sebetulnya bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan maag merupakan gejala penyakit yang menggambarkan keluhan penyakit terkait dengan masalah asam lambung.

Dengan kata lain, gejala yang ditimbulkan menandakan adanya gangguan terhadap pencernaan. Meski pada dasarnya, lambung manusia secara alami dapat memproduksi cairan asam untuk membantu proses pencernaan.

Tetapi jika produksi asam tersebut terlalu berlebihan, tentu akan memicu masalah baru. Maka dari itu, dokter selalu menyarankan penderita maag untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Lantas, bagaimana dengan buah nanas?


Fakta Penderita Maag Tidak Boleh Makan Nanas


Buah nanas memang mempunyai rasa asam yang segar, tak heran jika nanas selalu difavoritkan sebagai buah pencuuci mulut dan sangat menggoda selera. Namun jangan salah, dibalik kelezatannya buah nanas ternyata diperkaya oleh nutrisi penting untuk kebutuhan tubuh. 

Lalu bagaimana dengan penderita maag? Bolehkah mengkonsumsinya? 

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, dalam setiap 100 gram buah nanas diperkaya dengan kandungan 0,3 gr protein, 9,9 gr karbohidrat, 40 kalori, 0,6 gr protein, 0,6 gr serat, vitamin dan mineral. Namun selain itu, buah juga mengandung kadar asam cukup tinggi yaitu pH 3-4.

Berhubung maag ini merupakan penyakit umum yang akan terjadi akibat asam lambung naik, tentu tidak boleh sembarang mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung. 

Sedangkan satu jenis makanan yang paling sering memicu maag adalah makanan asam seperti buah nanas ini. Jika penderita maag mengkonsumsi buah ini dalam keadaan perut kosong. Terutama pada saat berbuka puasa, tentu kadar asam dalam lambung akan melonjak begitu cepat. 

Bahkan sifat pemicu maag lainnya, juga bisa ditimbulkan dari kandungan bromelain dalam buah nanas. Terkuak dari Journal of Medical Sciences tahun 2013 menyebutkan, jika mengkonsumsi makanan nasi memang dapat memicu luka pada dinding lambung. 

Sementara bromelain dalam buah nanas adalah jenis enzim yang dapat bekerja untuk bisa memecah protein dalam tubuh.

Itulah Fakta tentang Pengidap Maag Tidak Boleh Makan Nanas. Nah untuk mencegah asam lambung, sebaiknya berhenti mengkonsumsi makanan yang pemicu dan ganti dengan makanan sehat, berhenti merokok, atur porsi makanan, melakukan relaksasi dan konsumsi obat maag jika gejalanya kambuh lagi.

Semoga bermanfaat :)

Posted by : berita kekinian

No comments:

Post a Comment