Tuesday, May 7, 2019

8 Manfaat Makan Buah Kurma Saat Buka Puasa


Memang bulan Ramadhan, gal afdol rasanya jika kita tidak makan kurma. Buah asal dari Timur Tengah ini memang sudah menjadi makanan paling populer selama Ramadhan.

Selain itu, kurma ini juga memiliki rasa yang lezat dan kaya manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat dalam buah kurma? Berikut ini adalah 8 kelebihan yang bisa kamu raih saat buka puasa makan kurma.

8 Manfaat Makan Buah Kurma Saat Buka Puasa


1. Kaya vitamin

Buah kurma juga terkenal dengan banyak vitamin seperti B1, B2, B3, dan B5, serta A1 dan vitamin C. Jika kamu sering mengkonsumsinya, tentu kurma dapat meningkatkan energi karena didalamnya mengandung gula alami jadi bisa dijadikan makanan ringan yang baik.

2. Menyehatkan tulang

Selain itu, kurma juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor dan kalium tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang hingga bisa mencegah osteoporosis.

3. Kaya nutrisi

Tak hanya itu, kurma juga mengandung kalori tinggi seperti protein dan karbohidrat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Jadi, sangat cocok banget untuk dikonsumsi saat buka puasa.

4. Diet

Nah bagi kamu sering berpuas sekaligus diet, sebaiknya jadikan buah kurma sebagai makanan ringat lezat. Atau Anda bisa mencampurkan kurma dengan makanan lainnya seperti mentega, keju, kacang almond atau dijadikan snack bar sehat.

5. Membantu merawat kulit

Seperti yang dikatakan tadi, jika kurma mengandung banyak vitamin seperti C dan D. Kedua vitamin ini jelasa akan bekerja untuk elastisitas kulit. Selain itu, kurma ini baik pula untuk antipenuaan diri serta bisa mencegah akumulasi melanin dalam tubuh.

6. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah studi mengatakan jika fakta buah kurma memang dapat menurunkan penanda peradangan, seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 yang bisa berdampak pada risiko penyakit yang lebih berat seperti alzheimer. 

Selain itu, kurma dapat  mengurangi aktivitas amiloid beta protein yang dapat membentuk plak di otak. Dan plak sendiri yang akan mengganggu komunikasi antara sel-sel tak dan akhirnya menyebabkan kematian sel otak.

7. Kaya zat besi

Kurma juga mengandung fluor dan zat besi yang dapat menyehatkan gigi. Bagi siapa saja yang kekurangan zat besi, Anda bisa atasinya denan mengkonsumsi kurma untuk mencegah anemia.

8. Melancarkan pencernaan

Cobalah untuk merendam beberapa kurma dalam air dan mengunyahkan setiap hari, dijami sistem pencenaanmu menjadi baik. Apalagi jika kamu mengalami sembelit, kurma ini bisa membantunya sampai sembelitnya hilang.

Itulah 8 Manfaat Makan Buah Kurma Saat Buka Puasa. Jangan lupa sediakan kurma di ata meja, jika kamu ingin sehat ya :)

No comments:

Post a Comment