Monday, May 13, 2019

Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih


Setiap wanita dewasa, tentu pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan adalah adalah keluarnya cairan seperti putih telur atau susu putih dari organ wanita. 

Meskipun hal ini dikatakan normal, namun kondisi tersebut bisa berubah menjadi penyakit berbahaya. Untungnya, ada berbagai cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keputihan ini. Salah satunya adalah daun sirih.

Ya, daun sirih memang sudah di percaya mampu meringankan atau bahkan bisa menyembuhkan keputihan dan menjaga kesehatan organ kewanitaan. Hal itu karena daun sirih mempunyai kandungan yang berkhasiat sebagai antibakteri, antiinflamasi, antijamur dan antioksidan.

Meski tidak semua kasus keputihan harus diobati, namun keputihan merupakan mekanisme alami tubuh wanita yang dapat membersihkan area dalam organ kewanitaan. 

Begitu juga dengan sekresi dengan konsistensi cair atau kental berwarna bening atau agak putih ini tentu jumlahnya meningkat saat masa ovulasi, menyusui atau saat terangsang. 

Dan disisi lain infeksi jamur, parasit dan bakteri adalah penyebab keputihan. Oleh karena itu, keputihan ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan rasaa sakit sat buang air kecil.

Cara Menghilangkan Keputihan dengan Daun Sirih


Tahukah kamu? Selain jadi tanaman, daun sirih juga dikenal sebagai tanaman multikhasiat. Bahkan secara ilmiah, daun sirih ini mengandung minyak atsiri yang bersifat sebagai antijamur, antiradang, antioksidan dan antibakteri.

Nah untuk mengatasi dan menghilangkan keputihan, daun sirih umumnya bisa direbus untuk diambil sari daunnya. Kemudian, Anda bisa memanfaat air rebusan daun sirih untuk diminum atau digunakan untuk membasuh pada area kewanitaan. 

Berikut ini adalah langkah meracik daun sirih untuk mennghilangkan keputihan.
  1. Siapkan 3-4 lembar daun sirih masih segar
  2. Potong daun sirih tadi menjadi beberapa bagian kecil
  3. Kemudian rebus potongan daun sirih tadi ke dalam dua gelas air selama 5-10 menit sampai warna air rebusan berubah dan daunnya layu
  4. Tunggu sampai air rebusaanya berkurang setengahnya, lalu saring dan biarkan suhunya turun sebelum digunakan.

Bagaimana mudah bukan, Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih ini? Ingin terbebaskan dari keputihan kenapa harus mahal, so manfaatkan yang ada ladies. Selamat mencoba :)




No comments:

Post a Comment