Thursday, May 16, 2019

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan 


Salah satu bumbu masakan yang paling sering kita gunakan untuk menjadi bahan masakan adalah ketumbar. Ya, ketumbar mempunyai bentuk berupa biji-bijian kecil yang sering dianggap mirip dengan merica. 

Tak hanya mudah ditemukan di berbagai tempat dan dijual dengan harga murah, ketumbar ternyata menyediakan banyak manfaat untuk kesehatan lho. Berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari ketumbar, antara lain seperti :

1. Bisa mencegah diabetes

Meski ukurannya terbilang kecil, namun ketumbar juga termasuk kedalam makanan tinggi kandungan serat. Jika dikonsumsi secara rutin, tentu bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hingga bisa mengurangi risiko datangnya diabetes dan mencegah datangnya komplikasi diabetes yang berbahaya.

2. Mengendalikan tekanan darah

Tak hanya itu, ketumbar ini mempunyai kandungan yang bisa menurunkan tekanan darah secara efektif. Hal ini berarti ketumbar bisa membantu mencegah datangnya hipertensi dan bisa membantu mengendalikan tekanan darahnya.

3. Mengatasi masalah jantung bengkak

Jantung bengkak adalah kondisi kesehatan yang disebabkan akibat kinerja jantung yang jauh lebih keras dari biasanya. Penyebabnya adalah terjadinya pembuluh darah yang terkait akibat penumpukan plak dan kolesterol.

Namun dengan mengkonsumsi ketumbar yang diolah dengan air panas, maka kita bisa mengatasi masalah kesehatan yang berpotensi mematikan.

4. FLu dan pilek

Di dalam ketumbar juga terdapat kanudngan antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, kandungannya bisa merangsang produksi kolagen pada tubuh. Hal ini tentu akan membantu mengatasi pilek dan flur secara efektif, meskipun dianggap sebagai penyakit ringan.

5. Mencegah anemia

Bukan hanya itu, ketumbar juga mengandung zat besi tinggi yang bisa membantu proses pembentukan sel darah merah dengan efektif sehingga akan mengatasi masalah anemia. Dengan begitu, tubuh kita akan terasa jauh lebih bugar dan berenergi.

6. Meningkatkan nafsu makan

Jika kita atau anak Anda mengalami masalah penurunan nafsu makan, cobalah untuk mengkonsumsi rebusan biji ketumbar. 

Ketumbar mengandung beberapa asupan nutrisi, hingga bisa memperbaiki pola makan sehari-hari dan membantu mencegah masalah perkembangan dan pertumbuhan anak.

7. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa jenis gangguan pencernaan seperi cacingan, diare, BAB tidak lancar dan masalah perut kembung muncul disebabkan akibat adanya masalah sindrom iritasi usus besar.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ketumbar mengandung antioksidan yang bisa membantu memperbaiki pergerakan usus. Selain itu, produksi enzim pencernaan juga bisa semakin meningkat sehingga akan membuat laju pencernaan membaik.

8. Mengatasi keputihan berlebih

Bukan hanya kesehatan tubuh saja, melainkan ketumbar aman digunakan untuk menjaga masalah kewanitaan seperti keputihan. Sebut saja air rebusan ketumbar, ternyata bisa membantu mengatasi masalah keputihan para wanita secara alami.

Itulah 8 Manfaat yang dimiliki Ketumbar untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat :)

Posted by : berita kekinian

No comments:

Post a Comment