Sunday, May 12, 2019

Cara Mengobati Sariawan Saat Puasa

Salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat ibadah puasa kita menjadi semakin berat adalah sariawan. Menurut Dr. Abrijanto, puasa memang bisa memberikan banyak menfaat sehat bagi tubuh manusia.


Sayangnya, ada beberapa bagian tubuh yang juga bisa mendapatkan dampak buruk seperti bagian mulut. Pada saat berpuasa, mulut akan lebih kering sehingga bisa memicu masalah bau mulut dan bertambahnya jumlah bakteri. Hal itu, tentu akan memicu masalah radang tenggorokan dan sariawan. 

Ya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan asupan vitamin C saat berbuka atau santap sahur sehingga Anda akan mendapatkan risiko sariawan semakin tinggi. Nah supaya sariawan ini tidak menyiksa, ada baiknya jika kita segera melakukan beberapa tindakan dibawah ini untuk mentasinya.


Cara Mengobati Sariawan Saat Puasa


1. Kumur dengan air garam

Garam memang memiliki kandungan sifat antiseptik yang dapat membantu proses penyembuhan sariawan dengan lebih cepat. Untuk mengatasi sariawan, cobalah untuk mencampurkan garam dengan air hangat untuk dijadikan obat kumur.

2. Madu dan kunyit

Sementara kombinasi kunyit dan madu ini mempunyai sifat alamiah sebagai antiperadangan dan antibakteri untuk mengatasi sariawan. 

Cara penggunaannya, Anda hanya mencampurkan potongan kunyit yang diberi sedikit madu. Lalu oleskan pada luka sariawan selama beberapa hari sampai sembuh.

3. Lidah buaya

Bukan hanya itu saja, potongan lidah buaya yang diambil jelly-nya juga sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan sariawan. 

Tepatkan jelly lidah buaya pada luka sariawan dan Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak perih.

4. Kumur dengan daun ketumbar

Tahukah kamu? Merebus beberapa lembar daun ketumbar dalam air, kemudian kumur airnya sebanyak 3-4 kali dalam sehari ternyata mampu menyeimbangkan kadar bakteri dalam mulut sekaligus membantu penyembuhan sariawan.

Nah itu dia, beberapa Cara Mengobati Sariawan yang bisa kamu coba Saat Puasa. Untuk mencegah datangnya sariawan kembali, ada baiknya penuhi kebutuhan air putih setidaknya 8 gelas sehari demi menjaga kelembaban pada bibir. 

Atau oleskan lip balm agar bibir tidak mudah kering dan menyebabkan sariawan. Semoga membantu :)

Posted by : Berita Kekinian


No comments:

Post a Comment