Monday, May 6, 2019

Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Urat

Banyak penelitian menyebutkan, jika berpuasa dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat puasa adalah menurunkan darah tinggi, kadar kolesterol hingga bisa mencegah penyakit jantung. 


Namun tahukah Anda? Bahwa puasa juga bermanfaat untuk penderita asam urat.  Penyakit asam urat atau gout adalah sebuah kondisi yang mana menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, muncul rasa panas dan pembengkakan di daerah persendian. 

Sementara bagian tubuh yang sering terkena asam urat adalah sendi lutut, jari kaki, pergelangan dan tangan. Ketika seseorang terkena serangan asam urat, biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.

Misalnya seperti rasa sakit akan berlangsung selama 3-10 hari, sendi membengkak dan warna kulit memerah. Lalu apa kaitannya asam urat dengan puasa? 


Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Urat


Sebenarnya, gejala nyeri dan pembengkakan di bagian sendi disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam akibat penumpukan zat asam urat. Jika seseorang suka mengkonsumsi makanan seperti jeroan, ikan laut, minuman alkohol dan daging merah tentu dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

Berhubung saat Anda menjalankan puasa, maka asupakan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan terbatas. Begitu pun dengan makanan yang mengandung purin. Zat purin yang masuk ke dalam tubuh menjadi terbatas, tentu membuat kadar asam urat tetap terkontrol dengan baik.

Sementara itu, berpuasa dalam konteks pemeriksaan asam urat dilakukan juga bisa mendapatkan hasil pemerikasaan yang akurat sebagai bentuk diagnosis. 

Pasalnya, kandungan gizi dalam minuman dan makanan yang Anda konsumsi sebelum melakukan tes kesehatan akan diserap ke dalam aliran darah dan bisa memberikan dampak langsung pada tingkat glukosa darah, lemak dan zat besi dalam tubuh.

Lalu berapa kadar asam urat yang normal?

Medis mengatakan 3,5-7,2 mg / dL dianggap sebagai kadar asam urat yang normal. Meskipun begitu, nilai normal dapat bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya, jenis kelamin, gaya hidup, tergantung usia dan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara pasien yang sudah didiagnosis mengalami asam urat gout, tentu harus mempertahankan tingkat asam urat sebanyak 6 mg / dL (0,35 mmol/L). Dan untuk menurunkan kadar asam urat tersebut, biasanya harus dengan bantuan obat-obatan resep dokter.

Itulah penejelasan Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Urat. Ingat, meskipun puasa dikatakan baik. Tapi Anda harus tetap membatasi makanan yang mengandung purin, mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin, makanan tinggi karbohidrat, sayur dan buah pada saat buka puasa. Semoga bermanfaat :)

Posted by : Berita Sehat

No comments:

Post a Comment